Kamis, 30 Juni 2016

Kedai Nyah Tan Li



 Marhaban Ya Ramadhan, Bulan Ramdhan pun tiba. Bulan dimana banyak ajakan buka bersama mantan, makan-makan, dan pastinya foto-foto. Ajakan buber pun mulai bererot dari awal puasa, muali dari temen SD, SMP, SMA, Kuliah, kerja, nongkrong, arisan, kampung, komunitas dan temen2 lain yang tak mungkin saya sebutkan satu2 disini.

 Beberapa hari yang lalu saya mendapat undangan buka bersama dengan teman-teman KBJ/ Komunitas Blogger Jogja. Kebetulan lokasinya di Kasongan. Iya..Kasongan tempat kerajinan gerabah itu. bingung disana mau makan apa? sama, kirain hanya ada galeri-galeri seni aja. ternyata saya salah, disana ada suatu kedai yang katanya cozy abis buat berkumpul bersama kerabat dan masakanya pun katanya bikin susah lupa. *halah

 Saya pun berangkat ke desa yang penuh dengan kerajiana tanah liat tersebut, di sepanjang jalan sisi kanan dan kiri penuh dengan guci-guci cantik, pot-pot unik serta benda2 menarik lainya. Tibalah saya di lokasi tempat buka bersama yaitu di Kedai Nyah Tan Li, lebih tepatnya di Jl. RM Saptohoedoyo, bangunjiwo, Bantul. Kedai ini berada di samping show room timboel gallery, kebetulan pemilik kedai dan gallery ini sama, yakni Pak Timboel Raharjo dan istrinya. 


 suasana kedai yang syahdu

Bermula dari kecintaan masakan pedas lahirlah kedai yang berada ditepi kali ini. Iya, kedadi ini terletak d samping kali kalo anak-anak kekinian bilang "syahdu". gemricik air dan sepoy-sepoynya anggin membuat suasana semakin nyaman dan betah untuk berlama-lama disini. Nama kedai ini diambil dari letak kedai yang berada di wetan kali/timur sungai. Saya sempat terkejut ketika mengetahui asal mula nama kedai tersebut, itu sangat kreatif, sederhana dan mudah di ingat.

kedai ini menyajikan berbagai menu masakan seperti nasi brongkos, nasi kecombrang, bakmi rebus/goreng, mie ayam, nasi orak arik, nasi sambel tempe, nasi pedas Nyah Tan li, nasi kuning dan menu favoritnya adalah nasi goreng kecombran. Adapun menu lain seperti tahu goreng, singkong goreng, mendoan, pisang goreng,salad tan li dan masih banyak lainya. Minuman yang tersedia disini juga beragam seperti teh poci, teh rempah, es jeruk, dan aneka jus. Tak jarang banyak bule juga nongkrong disini, mereka sangat suka makanan khas tradisional seperti ini. Oiya disini free wi-fi, jadi kamu yang lagi pusing garap skripsi, banyak lemburan, males ketemu pacar, atau mau ketemuan sama pacar yang lain sambil internetan disini bisa banget.

Adzan pun berkumandan, itu artinya kami segera mencicipi hidangan yang disajikan oleh Nyah Tan li. Beragam minuman seperti kolak pisang dan aneka jus pun menjadi pembuka. Disusul dengan beraneka kudapan, barulah kemudian menu favoritnya keluar. Saya penasaran dengan bakmi kecombrang, untuk itu saya memilih untuk mencobanya. Rasanya unik sekali, saya baru kali pertama merasakan bakmi yang dicampuri bunga kecombrang. menurut saya rasanya enak sekali dan juga pedas. Buat kamu para pecinta nasi goreng atau bakmi, bisa banget singgah kesini untuk mencicipi sensasi bunga kecombrang plus pedes-pedesnya.

 aneka masakan dengan bunga kecombrang

 Salad Tan li

 Nasi goreng kecombrang

 Orak arik

 Tongseng ayam

Ini yang namanya bunga kecombrang


Buat kamu yang cinta akan makanan pedas, Kudu musti coba kesini. masakan khas Bali dan Lombok yang akan membuat kamu berkeringat karena kepedasan rasa, namun kamu juga masih bisa merasakan sensasi seger-seger setelah berpedas-pedas ria dengan beragam sajian minuman disini. Harganya makanan dan minuman disini sangat terjangkau, yaitu mulai dari 10 ribuan. Apalagi untuk mahasiswa perantauan, cocok bgt. Kedai ini buka dari pukul 09.00 - 23.30 . Untuk reservasi Kedai Nyah Tan Li bisa hubungi pada no telepon 087734191000 .

2 komentar:

Copyright © KULINERAN | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top